Senin, 02 September 2019

Ekskul Panahan

Ekstrakurikuler di sekolah merupakan suatu program yang bertujuan untuk membantu siswa untuk mengembangkan bakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Ada banyak alasan mengapa para siswa memilih salah satu ekskul di sekolahnya, diantaranya karena mereka hobi di bidang tertentu, atau karena mereka ingin belajar dan menambah pengalaman ataupun keterampilannya dalam bidang lain diluar bidang yang telah dikuasainya.

Salah satu ekskul yang ada di sekolah tercinta SDIT Plus Mutiara Umat yaitu Panahan. Meskipun bukan ekskul wajib, tapi masuk kedalam ekskul yang direkomendasikan. Karena lewat ekskul panahan diharapkan anak-anak mampu mengasah kekuatan fisik sekaligus mengoptimalkan fungsi otak siswa untuk tetap fokus dan konsentrasi yang akan bermanfaat dalam belajar dikelas maupun diluar kelas.

Selain itu memanah merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hadits diantaranya:
"Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah." (HR. Bukhari dan Muslim)
"Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda)." (HR. Muslim)
Dari hadits tersebut, terlihat dengan jelas bahwa memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.

Pada masa Rasulullah dan Khulafaur rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum muslimin dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang.
Dalam kisah yang lain, kepiawaian memanah diyakini menjadi kunci kemenangan pasaukan yang dipimpin Sultan Muhammad Alfatih saat berjuang merebut Konstatinopel pada abad ke-14.

Dalam operasi penaklukan itu, pasukan Sulatan Muhammad Alfatih terlebih dahulu berenang mengarungi selat Bosphorus, kemudian berkuda sembari melepaskan ribuan anak panah untuk mengobrak-abrik pasukan musuh. Akhirnya, kemenangan pun diperoleh.

Sejarah Islam mengatakan, Allah ta'ala mengutus malaikat Jibril untuk memberikan busur dan dua anak panah kepada nabi Adam. Busur dan anak panah itu kemudian digunakan untuk membunuh seekor burung yang mencuri tanaman milik Adam.

Tak hanya Nabi Adam, Nabi Muhammad pun merupakan sosok yang handal dalam hal memanah. Bahkan, di Istana Topkapi, Istanbul, Turki, tersimpan tiga buah anak panah yang diyakini milik Nabi Muhammad SAW.

Selain erat dengan peradaban Islam, memanah ternyata banyak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, baik itu fisik ataupun mental. Diantara manfaatnya sebagai berikut:
1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan
2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari
3. Membangun kekuatan tubuh
4. Meningkatkan kesabaran
5. Meningkatkan fokus atau konsentrasi
6. Membangun kepercayaan diri

0 komentar:

Posting Komentar